Traveling to the Next-Door Country Malaysia and Thailand

PART 1
Preparation

Liburan kali ini sebenarnya unexpectedly and spontaneusly. Berawal dari ngobrol santai sama kakak soal ritual tahun baruan yang biasanya kita cuma main kembang api or just barbequing in front of our home but this year gonna be our big revolution to welcome 2015. That's why we planning to take vacation abroad. Why Malaysia and Thailand ? simply simple is because affordable alias ramah di kantong buat mahasiswa seperti kita hahaha. Disamping itu juga karena komunikasi ga terlalu sulit. But behind all of these reasons actually deep in my heart i want to put my footprints and witnessing the gorgeous landscapes in the whole world with my own eyes so we start it from all of free visa for Indonesian passport holder or at least from VOA countries. Jadi kita memulai perjalanan suci ( serious face) ini dari negara terdekat malaysia dan thailand. Berhubung kita kuliah di beda kota beda fakultas beda tahun ajaran so it's gonna be lil a bit RIWEUH to find the right dates and how long to travel. Setiap hari kita musti berkomunikasi via telpon ( korban lagu RAN hahaha) buat ngobrolin detail vacation kali ini. Dari mulai ngebahas destinations, accomodations, period, dan the MOST IMPORTANT thing is BUDGET. Yaps vacation kali ini kita akan mencoba Traveling Style ala anak-anak muda jaman sekarang. Udah bisa ketebak dong pastinya... BINGO!!! its Backpacking a.k.a Travelling On Budget. Eits tapi jangan salah kita traveling ala backpacker bukan berarti tidur di masjid, or public facilities yang open 24h ya,,, our traveling style is more into free from sticky itineraries, so we can explore destinations as free as we want, maybe that make it looks like backpacker is because we dont carry any luggages but we carry a backpack instead.

Setelah berminggu-minggu berdiskusi ( okay i know it's too much ) dan setiap hari harus nerima telpon dari kakak buat ngobrolin kejelasan dan detail soal liburan (mirip kaya buronan) ditambah ujian akhir semester ikut nimbrung segala jadi fix kepala rasanya mau pecah T__________T but well, i passed them all alhamdulillah :) Setelah destinasi de el el terdiskusikan selanjutnya mulai dipusingkan dengan urusan tiket. Gak gampang nyari tiket murah sesuai jadwal liburan kita apalagi pas banget saat libur tahun baru so for sure harus berebut sama orang banyak buat dapet kursi murah apalagi kita juga dadakan nyari tiketnya jadilah tiket yang kita dapet sedikit lebih mahal dari low season seperti biasanya. So here are some tips to get CHEAP TICKET :

  1. Tentukan jadwal liburan dan berapa lama liburan dari jauh-jauh hari. Pastikan jadwal tersebut kita bener-bener free sehingga ketika tiket sudah kebeli ga mubazir ke cancel karena sesuatu hal
  2. Selalu cek website maskapai langganan atau maskapai yang sering ngasih promosi atau low cost budget
  3. Jangan bosen-bosen buat selalu cek, keep yourself updated untuk promo2 terbaru jika perlu subcribe them so we won't miss it
  4. Check and check !!!
  5. atau bisa gunakan website seperti skyscanner, expedia, kayak, trivago, dll untuk membandingkan harga tiket sesuai pilihan.

Tiket udah, destinasi udah, selanjutnya akomodasi. Kita biasanya menggunakan booking.com ( ini bukan iklan atau endorsements) buat nyari hotel yang sesuai budget kita. Kelebihan booking.com disini kita bisa booking hotel tanpa kartu kredit, sangat affordable bagi traveler yang gak mempunyai kartu kredit mostly like student seperti kita berdua ini. Di booking.com juga gak ada biaya tersembunyi lainnya, jadi apa yang tertera di screen ya itu yang akan dibayarkan saat kita tiba di hotel nantinya. Pilihan hotel juga sangat banyak, pilihlah hotel yang menawarkan pilihan bayar di hotel jika kamu gak mempunyai credit card atau prefer untuk bayar ketika sudah sampai di hotel. Tips untuk memilih hotel di booking.com setelah memfilter beberapa option sesuai pilihan selanjutnya liat reference dari orang-orang yang pernah stay di hotel tersebut. Pilihlah hotel yang memiliki references bagus dari tamu-tamu yang pernah menginap.